Friday, January 24, 2014

2 Days Training: Procurement Progress & Order Monitoring



Setelah purchase order / work order diberikan kepada supplier/vendor yang terpillih, maka tahap berikutnya adalah progress monitoring kepada supplier/vendor, apakah mereka dapat mengirimkan produk dengan; on time delivery, right specification, right quality,  right quantity, sesuai terms & conditions dalam kontrak.

Dalam praktek di lapangan, sering muncul masalah dalam proses eksekusi order ini, mulai dari; keterlambatan pengiriman, produk kurang, lebih, cacat, atau tidak sesuai spesifikasi, serta hambatan teknis atau force majeure saat order sedang dipersiapkan & dikirimkan.

TUJUAN & MANFAAT PELATIHAN
Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta akan memiliki kemampuan untuk:
1.    Memahami proses & tahapan progress monitoring, mulai dari; skedul, prosedur inspeksi, serah terima produk, invoicing, hingga evaluasi supplier/vendor
2.    Memahami tool kits & metode analisis yang digunakan dalam proses progress monitoring
3.    Melakukan analisa & evaluasi atas progress pekerjaan supplier/vendor
4.    Melakukan supervisi kepada supplier/vendor.
5.   Menerapkan konsep, strategi, analisis, & problem solving, dalam proses pengambilan keputusan.

METODE PELATIHAN
Class presentation, discussion, case study, & video presentation, dengan konsep:
-     20% teori berdasarkan literatur praktisi
-     40% analisa best practices & benchmarking antara; institusi, korporasi, & industry
-     40% studi kasus nyata & diskusi brainstorming antara trainer dengan peserta

TARGET PESERTA
Para praktisi & profesional di bidang:
1.   Supply Chain/Logistics, Procurement/Purchasing, PPIC, Komite Pembelian, & Unit Layanan Pengadaan.
2.   Finance, General Affairs, & Corporate Legal.
3.   Project Manager, Compliance Unit, & Internal Auditor
4.   Supervisor/Manager terkait operasional Procurement.
5.   Yang ingin meningkatkan kompetensi di bidang ini.

OUTLINE PELATIHAN
Hari Pertama  
1.   Quality Management in Procurement
2.   Progress Monitoring Methods
3.   Monitoring of Routine & Repeat Order
4.   Monitoring of Project Procurement
5.   Discussion sharing & case study

Hari Kedua
6.   Manage Emergency Orders
7.   Warranty, Return, & Services Agreement
8.   Handover & Acceptance Criteria
9.   Order Settlement
10. Case study & closing review

PEMBICARA
Deni Danasenjaya, SE, MM, CNPE

INVESTASI PELATIHAN
Materi & durasi pelatihan selama 2 (dua) hari dapat disesuaikan (tailor made) dengan kebutuhan korporasi/institusi, dengan biaya investasi sbb:
-  IDR
40.000.000,-  untuk reguler class in-house training, maksimum 25 peserta
-  IDR
20.000.000,-  untuk mini class in-house training, maksimum 10 peserta

Biaya sudah termasuk: 
-  Handout materi pelatihan
-  Course assessment, pre-test, post-test, case study, 
objective goals setting
-  Honor Course Assistant
-  Dokumentasi pelatihan


Disediakan oleh pihak korporasi/institusi yang mengundang:
-  Tempat & prasarana pelatihan, coffee break, lunch, transportasi, & akomodasi untuk peserta
-  Transportasi & akomodasi untuk Trainer & Course Assistant
-  Sertifikat pelatihan
-  PPh atas jasa pelatihan
 

JADWAL & TEMPAT PELAKSANAAN PELATIHAN
Disesuaikan dengan kesepakatan kedua belah pihak

INFORMASI & REGISTRASI

e-mail:  denids1@yahoo.com

No comments: