Friday, January 24, 2014

2 Days Training: Procurement Fraud



Perilaku fraud bisa menimpa siapa saja, tanpa melihat jenjang jabatan struktur organisasi perusahaan / institusiWujud procurement fraud mulai dari“menjual informasi”, mengatur pra-kualifikasi, bidding, evaluasi kinerja, hingga bersikap diskriminatif terhadap supplier / vendor, dengan tujuan memperoleh success fee.

Fraud terjadi di perusahaan / institusi yang prosedur sistem pengawasannya lemah, perilaku ini menimbulkan kerugian finansial bagi perusahaan. Diperlukan suatu sistem & prosedur yang memadai untuk; mencegah, mendeteksi, mengurangi resiko terjadinya fraud.

TUJUAN & MANFAAT PELATIHAN
Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta akan memiliki kemampuan untuk:
1.   Mendeteksi potensi fraud dalam siklus procurement manajemen perusahaan
2.   Dapat menganalisa proses procurement dengan metode yang tepat efektif
3.   Dapat mengembangkan metodologi investigasi  prosedur preventive action
4.   Mengembangkan kemampuan lesson learnt dari setiap kasus fraud yang terjadi
5.   Memahami pentingnya penerapan integritas good governance di perusahaan / institusi.


METODE PELATIHAN
Class presentation, discussion, case studyvideo presentation, dengan konsep:
-  20% teori berdasarkan literatur praktisi
-  40% analisa best practices benchmarking antara; institusi, korporasi, & industri
-  40% studi kasus nyata diskusi brainstorming antara trainer dengan peserta

  
TARGET PESERTA
Para praktisi & profesional di bidang:
1.   Supply Chain/Logistics, Procurement/Purchasing, PPIC, Komite Pembelian, Unit Layanan Pengadaan.
2.   Finance, General Affairs, & Corporate Legal.
3.   Project Manager, Compliance Unit, & Internal Auditor
4.   Supervisor/Manager yang terlibat dalam proses supervisi pengawasan internal.
5.  Yang ingin meningkatkan kompetensi di bidang ini. 


OUTLINE PELATIHAN
H
ari Pertama 
1.   Fraud on Procurement Process
2.   Fraud Detection Method:  Red Flag Indicators
3.   Fraud Risk Assessment
4.   Investigative Audit
5.   Case study closing review

 
H
ari Kedua 
6.   Code of Conduct & Conflict of Interest Guidance
7.   Whistle Blower System
8.   Corporate Culture  & Compliance System
9.   Monitoring & Reporting System
10. Case study closing review


PEMBICARA
Deni Danasenjaya, SE, MM, CNPE 

INVESTASI PELATIHAN
Materi & durasi pelatihan selama 2 (dua) hari dapat disesuaikan (tailor made) dengan kebutuhan korporasi/institusi, dengan biaya investasi sbb:
-  IDR 40.000.000,-  untuk reguler class in
-house training, maksimum 25 peserta
-  IDR 20.000.000,-  untuk mini class in
-
house training, maksimum 10 peserta

Biaya sudah termasuk: 
-  Handout materi pelatihan
-  Course assessment, pre-test, post-test, case study, 
objective goals setting
-  Honor Course Assistant
-  Dokumentasi pelatihan 


Disediakan oleh pihak Korporasi/Institusi yang mengundang: 
-  Tempat & prasarana pelatihan, coffee break, lunch, transportasi, & akomodasi untuk peserta
-  Transportasi & akomodasi untuk Trainer & Course Assistant
-  Sertifikat pelatihan
-  PPh atas jasa pelatihan  

JADWAL & TEMPAT PELAKSANAAN PELATIHAN
Disesuaikan dengan kesepakatan kedua belah pihak

INFORMASI & REGISTRASI
e-mail:  denids1@yahoo.com

No comments: