Friday, January 24, 2014

2 Days Training: Strategic Vendor Management



Keberhasilan proses procurement/purchasing sangat ditentukan oleh bagaimana relationship dengan vendor dilaksanakan. Hampir seluruh masalah yang terkait dengan; miskomunikasi dalam penentuan spesifikasi & order, gagal serah, pemutusan kontrak, dispute, hingga fraud, seringkali bermula dari pola relationship antara team procurement/purchasing dengan para vendor yang tidak strategik, terencana, & terukur.
  
Team procurement/purchasing perlu menerapkan metde vendor management yang strategik untuk menciptakan hubungan kerja yang berkelanjutan dengan para vendor, dalam pola relationship yang saling mendukung & menguntungkan bagi kepentingan kedua belah pihak.

TUJUAN & MANFAAT PELATIHAN
Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta akan memiliki kemampuan untuk:
1.  Mengelola & melaksanakan proses vendor management secara strategik & profesional
2.  Memahami critical point & key success factors dalam proses vendor management
3. Mengidentifikasi, menganalisa, mengantisipasi, & membuat solusi atas permasalahan yang terjadi
4. Mengembangkan sistem & prosedur vendor management yang baik, terukur, & terencana
5. Membuat keputusan yang efektif & efisien dalam proses vendor management 

METODE PELATIHAN
Class presentation, discussion, case study, & video presentation, dengan konsep:
-  20% teori berdasarkan literatur praktisi
-  40% analisa best practices & benchmarking antara; institusi, korporasi, & industry
-  40% studi kasus nyata & diskusi brainstorming antara trainer dengan peserta

TARGET PESERTA
Para praktisi & profesional di bidang:
1. Supply Chain/Logistics, Procurement/Purchasing, PPIC, Komite Pembelian, & Unit Layanan Pengadaan.
2.  Finance, General Affairs, & Corporate Legal.
3.  Project Manager, Compliance Unit, & Internal Auditor
4.  Supervisor/Manager terkait operasional Procurement.
5.  Yang ingin meningkatkan kompetensi di bidang ini.

OUTLINE PELATIHAN
Hari Pertama
1.   Principles of Vendor Management
2.   Category Management
3.   Vendor Relations Models
4.   Strategic Partnership  
5.   Case study & discussion sharing

Hari Kedua
6.   SRM Modules System
7.   Outsourcing & Sub-Contracting
8.   Vendor Progress & Performance
9.   Vendor Development Program
10. Feed back & closing review

PEMBICARA
Deni Danasenjaya, SE, MM, CNPE

INVESTASI PELATIHAN
Materi & durasi pelatihan selama 2 (dua) hari dapat disesuaikan (tailor made) dengan kebutuhan korporasi/institusi, dengan biaya investasi sbb:
-  IDR
40.000.000,-  untuk reguler class in-house training, maksimum 25 peserta
-  IDR
20.000.000,-  untuk mini class in-house training, maksimum 10 peserta

Biaya sudah termasuk: 
-  Handout materi pelatihan
-  Course assessment, pre-test, post-test, case study, 
objective goals setting
-  Honor Course Assistant
-  Dokumentasi pelatihan

Disediakan oleh korporasi/institusi yang mengundang:
-  Tempat & prasarana pelatihan, coffee break, lunch, transportasi, & akomodasi untuk peserta
-  Transportasi & akomodasi untuk Trainer & Course Assistant
-  Sertifikat pelatihan
-  PPh atas jasa pelatihan

JADWAL & TEMPAT PELAKSANAAN PELATIHAN
Disesuaikan dengan kesepakatan kedua belah pihak

INFORMASI & REGISTRASI
e-mail:  denids1@yahoo.com

No comments: